Wednesday, November 1, 2017

Mengenal Kusen Dengan Material UPVC

Kusen UPVC


Mungkin kita masih asing dengan material UPVC. Kebanyakan orang memang lebih mengenal PVC dibanding UPVC. UPVC sendiri banyak digunakan untuk material bangunan, salah satunya adalah untuk pembuatan kusen. Harga kusen UPVC murah dibanding beberapa material lain. Lalu bagaimana sebenarnya material UPVC ini?

Mengenal Material UPVC dan Keunggulannya
UPVC merupakan kepanjangan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Kandungan UPVC terdiri dari PVC sebanyak 85% dan stabilizer, modifier, filler, color pigmen serta titanium dioxide sebanyak 15%. Penambahan kandungan sebanyak 15% inilah yang membuat UPVC menjadi kuat dan tahan terhadap suhu maupun cuaca. Seperti yang kita tahu bahwa PVC merupakan bahan sejenis plastik. Agar menjadi kuat dan kokoh seperti logam, sifat plastik atau elastisnya dihilangkan dengan proses unplasticized. Sehingga terciptalah UPVC.
UPVC pertama kali ditemukan  tahun 1960 di Jerman. Material ini sangat populer di sana dan sudah banyak digunakan untuk material bangunan. Sudah 90% bangunan-bangunan di sana menggunakan UPVC. Di Jerman UPVC banyak digunakan sebagai material kusen baik pintu maupun jendela. Adanya UPVC ini menggantikan material kusen dari kayu dan dan alumunium. Tak hanya di Jerman, penggunaan UPVC sudah menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia.
UPVC memiliki banyak sekali keunggulan. Keunggulan UPVC antara lain kuat, tahan lama, anti karat dan keropos, serta tidak mengalami pemuaian maupun penyusutan. UPVC akan tetap kuat meskipun terkena benturan, pukulan, maupun beban yang berat. Sifat kuat dan tahan lama ini tentunya juga membuat biaya perawatan lebih murah. Sehingga kita tidak perlu khawatir kusen di rumah cepat rusak.
Selain keunggulan di atas, keunggulan UPVC lainnya adalah ramah lingkungan. Proses pembuatan kusen berbahan UPVC lebih hemat energi. Hal ini membuat pelepasan emisi gas rumah hijau bisa lebih berkurang. Penggunaan UPVC ini juga dapat menekan penggunaan kayu. Jadi hutan kita akan tetap lestari.
Pemakaian UPVC untuk kusen bisa dengan beragam desain dan ukuran. Misalnya desain swing dan geser atau sliding. Tidak hanya untuk kusen pintu dan jendela, bisa juga digunakan untuk membuat partisi ruangan. Baik ukuran besar maupun kecil, cocok menggunakan UPVC. Material ini tidak hanya digunakan untuk perumahan, namun juga gedung-gedung seperti kantor, hotel, ruko, apartemen, rumah sakit dan lain sebagainya.

Harga Kusen UPVC

Harga kusen berbahan UPVC memang dijual bervariasi di pasaran. Hal ini tergantung dari merk dan kualitas. Namun rata-rata harga kusen dari UPVC ini lebih terjangkau dibanding material lain seperti kayu dan besi. Untuk pemasangan kusen berbahan kayu atau besi, kita bisa menghabiskan biaya Rp.400.000,00 hingga Rp.800.000,00. Namun untuk pemasangan kusen UPVC cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp.200.000,00 saja. Tentu harga kusen UPVC murah ini bisa menjadi solusi dan pilihan untuk pemasangan kusen di rumah.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More