Wednesday, August 16, 2017

Cara Pembuatan Genteng Tanah Liat Trenggalek


harga genteng jatiwangi
Genteng Tanah Liat
                Di era modern ini, tempat tinggal yang ideal merupakan dambaan setiap manusia. Ideal selain bentuk yang indah, ketahanan materialnya pun juga sangat diperhatikan. Salah satu bahan yang sangat penting, yaitu genteng. Genteng di Indonesia terbuat dari bahan yang bermacam-macam, seperti tanah liat, genting, kaca dll. Pembuatannyapun beragam mulai dari pembuatan menggunakan alat kuno sampai modern. Genteng tanah liat yang terkenal kebagusannya salah satunya yaitu genteng tanah liat Trenggalek.
Berikut cara pembuatan genteng tanah liat Trenggalek mulai dari pemilihan bahan  sampai pembakaran.
1.      Tahapan awal
Cara pembuatan genteng tanah liat diawali dengan pengolahan bahan mentah berupa tanah. Pengambilan tanah memperhatikan kelestarian lingkungan, dengan mengambil bagian bawah bunga tanah (bagian yang mengandung zat yang dibutuhkan tanaman) sedalam satu meter.
Setelah itu, adalah proses pembersihan tanah dari batu dan sampah. Ketika sudah bersih, lalu dicampur dengan air.
2.      Pengolahan tanah liat
Setelah mencampur tanah dengan air, cara pembuatan genteng tanah liat selanjutnya yaitu penggilingan. Proses ini bertujuan untuk mendapatkan tanah liat yang mengandung partikel yang halus dan merata.
Proses ini dilakukan dengan cara memasukkan tanah ke dalam alat penggiling (molen) dengan dicampur pasir laut agar tanah yang dihasilkan tidak lembek. Alat ini akan menghasilkan tanah yang sudah berbentuk kotak sesuai dengan ukuran genting. Hasil inilah yang disebut dengan keweh.
3.      Pencetakan genteng
Cara pembuatan genteng tanah liat selanjutnya yaitu pencetakan genteng yang dilakukan dengan memipihkan keweh dengan kayu terlebih dahulu untuk menghasilkan keweh yang padat dan sesuai dengan mesin press. Setelah itu, keweh dimasukkan ke dalam mesin press.
Hasil dari mesin ini berupa genteng basah yang masih belum rapi. Lalu proses selanjutnya adalah perapian genteng.
4.      Proses pengeringan
Proses pengeringan dilakukan melalui 3 tahap, yaitu pengeringan dengan cara diangin-anginkan selama dua hari, setelah itu pengeringan dengan cahaya matahari selama 6 jam, lalu pengeringan terakhir dengan menggunakan tungku selama 2 hari.
Cara pembuatan genteng tanah liat selanjutnya yaitu pembakaran selama 12 jam dengan suhu 800 derajat celcius.
5.      Pengglasuran
Proses selanjutnya yaitu pengglasuran, atau proses penambahan lapisan kaca pada permukaan genteng. Agar permukaan genteng menjadi indah.
6.      Pembakaran tahap II
Setelah proses pengglasuran, cara pembuatan genteng tanah liat selanjutnya yaitu pembakaran selama 13 jam dengan panas 900 derajat celcius.
7.      Tahapan terakhir
Tahapan terakhir yaitu finishing. Genteng hasil pembakaran tahap II belum rapi, sehingga dibutuhkan proses finishing. Proses finishing dilakukan dengan pengikiran tepi genteng. Pengikiran ini bertujuan untuk merapikan permukaan genteng.
Lalu pengecatan dilakukan agar menutupi bagian tepi genteng yang tidak tertutupi glesur. Setelah pengecatan, lalu pengepakan genteng.


Cara pembuatan genteng tanah liat di atas merupakan cara yang banyak dilakukan oleh para pengusaha dalam menghasilkan genteng yang berkualitas.


cara pembuatan genteng tanah liat super

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More