Friday, August 18, 2017

Apa Itu Genteng Glazur?

harga genteng jatiwangi
Genteng Gzalur

Banyak macam macam jenis genteng yang digunakan sebagai atap rumah, seperti genteng tanah, aluminium, maupun genteng glazur. Akan tetapi, beberapa orang tidak mengetahui masing masing jenis genteng, termasuk apa itu genteng glazur. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan membahas secara detail sebenarnya apa itu genteng glazur.

Tentang Genteng Glazur

Sebenarnya, apa itu genteng glazur? Glazur sendiri adalah lapisan tipis yang melapisi body keramik maupun suatu benda padat lainnya seperti genteng. Glazur ada yang dibuat dengan disertai warna warna tertentu, tapi ada pula yang tidak diberi warna. Biasanya, warna glazur ada yang coklat muda, ada yang coklat tua, ada pula yang coklat kemerahan.

Lapisan glazur ini berfungsi sebagai penutup pori pori keramik sehingga kedap air. Selain itu, glazur juga berfungsi dalam meningkatkan ketahanan kimia, meningkatkan kekuatan mekanik, dan memberi kesan higienis. Glazur juga memberikan warna yang cerah mengkilap pada keramik atau genteng yang dilapisi. Jadi, apa itu genteng glazur?

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian genteng glazur adalah suatu genteng yang dilapisi oleh glazur dengan tujuan agar genteng yang dilapisi glazur akan kedap air dan memiliki ketahanan serta kekuatan yang besar. Dengan begitu, genteng glazur akan tampak lebih cantik dan elegan. Selain itu, genteng glazur akan lebih menarik serta tahan lama.

Bahan Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Genteng Glazur

Terlepas dari pengertian apa itu genteng glazur, alangkah lebih baik jika kita mengetahui pula bahan bahan yang digunakan untuk membuat genteng glazur. Dengan mengetahui lebih banyak tentang glazur, kita mampu memahami apa itu genteng glazur. Telah kita ketahui, bahan utama yang digunakan adalah genteng. Genteng yang telah dicetak itu yang kemudian dilapisi glazur.

Glazur sendiri mengandung berbagai macam elemen oksida. Ia diriset, kemudian melalui suatu proses pendekatan tertentu sehingga membentuk suatu formula. Material yang ditentukan di formula inilah yang nantinya dilakukan proses penggilingan dan dilapiskan pada body genteng. Mesin mesin yang digunakan dalam proses ini antara lain Ballmill. Ground Tank, timbangan dan alat pemeriksaan rheology.

Bagaimana Cara Pembuatan Glazur?

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu genteng glazur, maka kita perlu mengetahui pula bagaimana tahap tahap dalam pembuatan lapisan glazur itu sendiri. Diantara tahap tahap tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan timbangan material sesuai formula yang ditentukan.
  2. Melakukan proses penggilingan dengan memasukkan seluruh material ke dalam Ballmill.
  3. Material telah menjadi glazur yang siap diaplikasi.


Setelah glazur diproduksi, tahap selanjutnya adalah pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui tingkat kehalusan partikel serta berat jenis glazur. Dalam melakukan pengukuran tingkat kehalusan partikel dilakukan dengan pemeriksaan nilai Restant Saringan, yang merupakan sisa partikel yang tidak dapat disaring. Bagaimana, sudah paham apa itu genteng glazur?



Semoga artikel singkat ini bermanfaat..

harga genteng jatiwangi super

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More