Wednesday, November 1, 2017

Macam-macam Material Kanopi


 
Matrial Kanopi


Kanopi merupakan atap tambahan yang dipasang pada bangunan. Bagian-bagian kanopi terdiri dari atap dan kerangka. Sebelum kita memulai memasang kanopi, ada baiknya mengenal berbagai macam material kanopi. Mulai dari material atap hingga rangka kanopi. Di sini kita juga bisa mengetahui harga beberapa material salah satunya harga baja ringan murah.

Macam-macam Material Atap Kanopi
Material atap kanopi tersedia dalam beberapa jenis. Macam-macam material atap kanopi antara lain onduline, spandek atau zincalum, policarbonat, dan alderon. Setiap jenis material atap ini memiliki spesifikasi dan keunggulan yang berbeda. Selain itu harga tiap-tiap jenis juga tidak sama. Jenis material atap kanopi yang paling bagus dan mahal adalah alderon.
Jenis material atap yang pertama adalah onduline. Material atap kanopi yang satu ini terbuat lembaran dengan 10 gelombang. Onduline dapat menyerap panas dan suara. Sehingga tetap terasa sejuk dan terhindar dari bising. Jenis yang kedua adalah spandek atau zincalum. Jenis ini terbuat dari kombinasi antara alumunium dan seng. Kekuatan zincalum ini lebih baik dibanding policarbonat.
Jenis atap kanopi selanjutnya adalah policarbonat. Policarbonat merupakan bahan yang terbuat dari lembaran serat atau plastik yang memiliki rongga. Atap kanopi yang terbuat dari policarbonat memiliki kekuatan hingga 10 tahun. Bahan ini mampu menahan dan menyerap sinar matahari. Policarbonat sendiri terbagi menjadi jenis xlite, solarlite dan twinlite. Harga dari atap kanopi dari policarbonat berkisar Rp.345.000,00 hingga Rp.395.000,00.
Kemudian jenis atap kanopi yang terakhir adalah alderon atau UPVC. Alderon atau UPVC merupakan jenis material yang paling mahal. Hal ini dikarenakan kualitasnya yang paling baik. Material ini mampu menahan beban hingga 150 kg. Selain itu tidak akan mudah retak atau pecah meskipun diinjak. Harga dari atap kanopi berbahan alderon berkisar Rp.535.000,00 per meter.

Macam-macam Material Rangka Kanopi
Rangka kanopi terbuat dari beberapa jenis, yaitu stainless, pipa, baja ringan dan besi hollow. Namun material kerangka kanopi yang paling banyak digunakan adalah baja ringan dan besi hollow. Kedua bahan ini tergolong lebih kuat dan tahan lama. Terlebih baja ringan, material yang satu ini dinilai memiliki banyak kelebihan dibanding besi hollow.
Besi hollow merupakan material logam atau besi yang telah dilakukan pengecatan. Pengecatan besi hollow ini dilakukan untuk meningkatkan keawetan dan ketahanan. Kemudian untuk baja ringan, merupakan rangka kanopi dengan ketebalan 0,4 mm hingga 3 mm. Ketebalan baja ringan ini membuat material ini lebih mudah dipasang dan tentunya sangat ringan. Harga baja ringan ini berkisar antara Rp.29.000.00 hingga Rp.125.000,00 per batang.

Kini anda sudah bisa menentukan material apa yang akan digunakan untuk memasang kanopi. Anda bisa memilih harga atap yang paling mahal yaitu alderon hingga harga baja ringan murah.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More